Inilah 6 Fakta Kebersihan Telinga Yang Perlu Kita Ketahui

Jangan bersihkan telinga dengan cutton bud
themedium.net - Telinga merupakan salah satu dari sekian banyak organ tubuh yang sangat penting fungsinya bagi manusia. Selama ini kita sering beranggapan membersihkan telinga dengan benar-benar bersih akan membuat telinga jadi berfungsi dengan baik. Banyak orang sala dalam hal membersihkan telinga. Saat telinga terasa gatal, hindari membersihkan telinga menggunakan jari, batang korek api, atau cutton bud. Banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga juga setuju, bahwa membersihkan telinga menggunakan batang korek api dan cutton bud bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. alih-alih menjadi bersih, telinga justru dapat mengalami luka. Sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihentikan. Ada beberapa fakta penting dampak buruk cutton bud bagi kesehatan telinga. Apa saja dampak buruk itu? Ini dia dampaknya

6 Fakta Dampak Buruk Membersihkan Telinga Dengan Menggunakan Cutton Bud


Fakta 1

Kotoran telinga yang sering kita anggap sampah ditelinga, justru sejatinya memiliki peran penting bagi kesehatan telinga kita. Kotoran telinga justru mengandung  sifat bakteri. Fungsinya kotoran itu sendiri untuk mencegah beberapa jenis infeksi. Jika kotoran ini terlalu sering dibersihkan, justru akan berakibat buruk bagi kesehatan telinga kita

Fakta 2

Kotoran telinga selain sebagai antibakteri yang alami, juga dapat berperan sebagai pencegah hewan-hewan seperti serangga masuk ke telinga dan merusak bagian dalam telinga manusia. Jadi, boleh saja sih membersihkan kotoran telinga, tetapi jangan terlalu sering saja.

Fakta 3

Fungsi kotoran telinga yang lain adalah, unutk menjaga saluran telinga agar tetap terlumasi. Jika tidak ada pelumas ditelinga, maka daerah sekitar telinga akan menjadi kering dan terasa gatal.

Fakta 4

Terlalu sering membersihkan telinga dengan cutton bud, dapat membahayakan gendang telinga. Karena jika kita terlalu dalam memasukkan cutton bud tersebut, malah dapat membuat gendang telinga menjadi rusak atau pecah. Dalam beberapa kasus lain dapt juga menyebabkan gangguan pendengaran.

Fakta 5

Kita kadang terlalu sering membersihkan telinga, padahal faktanya telinga sudah memiliki cara tersendiri cara menghapus lilin atau kotoran dengan sendirinya. Gerakan otot rutin diwajah membantu telinga untuk memindahkan kotoran lilin keluar. Misalnya, saat menguap atau berbicara atau menggerakkan otot wajah, pada saat yang bersamaan gerakan tersebut juga dapat memindahkan kotoran yang ada ditelinga kita.

Fakta 6

Jika terus membersihkan telinga dengan cotton bud dapat menyakiti bagian sensitif di dalam telinga dan dapat menyebabkan infeksi.

Nah itu dia fakta tentang kesehatan telinga yang perlu kita ketahui. Agar tidak salah informasi dan justru akan membahayakan kesehatan telinga kita sendiri. Demikian info kesehatan tentang kebersihan telinga yang perlu kita ketahui. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua. 

0 Response to "Inilah 6 Fakta Kebersihan Telinga Yang Perlu Kita Ketahui"

Post a Comment