Ini Dia Produk Khas Dalam Negeri Yang Sudah Go Internasional

Produk Khas Indonesia Yang Sudah Go Internasional

themedium.net - Assalaamu'alaikum. Apa kabarnya nih hari ini? Dihari yang cukup cerah ini, admin ingin berbagi sedikit cerita nih. Ditengah maraknya produk luar negeri yang terus membanjiri pasar dalam negeri, beberapa produk lokal dalam negeri justru sudah berhasil menembus pasar internasional. Prestasi ini merupakan bukti bahwa kualitas produk lokal dalam negeri tidak kalah dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan mengandalkan kualitas dan keunikan khas daerah masing-masing inilah, produk-produk yang dihasilkan dari berbagai wilayah dipelosok negeri kita ini mampu membuat nama Indonesia patut diperhitungkan dikancah dunia. Penasaran produk khas daerah dalam negeri apa yang sudah mampu Go Internasional? Ini dia

Produk Khas Dalam Negeri Yang Sudah Go Internasional


Bola Piala Dunia dari Majalengka

Bola Piala Dunia dari Majalengka

Bola produksi daerah Majalengka ini telah mendapatkan lisensi langsung dari FIFA (Federation Internationale de Football). Nah bisa dibayangkan bukan? Dengan sudah mendapatkan pengakuan langsung dari FIFA ini, dapat dipastikan bahwa bola produksi daerah Majalengka ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan tingginya kualitas produk yang selalu terjaga inilah yang membuat industri bola yang dimulai pada tahun 1994 ini berhasil menembus pasar internasional dan menjadi pemasok utama bola Piala Dunia tahun 1998 di Perancis.

Produk Kulit Berkualitas Tinggi asal Garut

Kerajinan kulit Garut

Pertama kali mendengar kata Garut, yang terlintas pertama dipikiran kita pasti adalah produk Dodol Garut. Karena memang itu adalah nama makanan khas daerah ini yang akhirnya menjadi julukan kota ini. Namun jangan salah, Garut bukan cuma terkenal akan dodolnya saja, tetapi Garut juga mempunyai reputasi yang bagus sebagai daerah penghasil kulit dengan kualitas yang tinggi. Meskipun kenyataannya masih banyak produsen kulit yang masih skala industri rumahan, namun dari segi kualitas jangan di anggap remeh, produk kulit yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi bagi para pelaku bisnis maupun konsumen dari dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai bukti, Sentra Industri Kulit di daerah Sukaregang dikenal sebagai salah satu pusat perdagangan kulit yang diakui sampai Mancanegara seperti, Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, Australia, dll.

Batik dari Pekalongan

Batik Pekalongan

Siapa yang tidak kenal produk yang satu ini? Benar, Batik Indonesia sudah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan Non Bendawi oleh Organisasi Dunia UNESCO pad tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu. Pekalongan merupakan salah satu dari sekian ratus daerah di Indonesia yang sudah sejak dahulu telah memproduksi produk batik dengan berbagai macam corak dan motif. Selain didukung dari desain dan inovasi motif dan produk, masyarakat sekitar juga sudah melek teknologi dan internet, sehingga pengenalan dan pemasaran batik di kancah Internasional mejadi semakin mudah.

Knalpot Purbalingga, Produk Otomotif Bertaraf Internasional

Knalpot Purbalingga

Purbalingga, adalah salah satu produsen knalpot dalam negeri yang menerapkan standar kualitas yang tinggi. Jadi jangan kaget jika semenjak tahun 2008,  selain jadi pemasok knalpot untuk pasar dalam negeri, produk hasil karya pengrajin Purbalingga ini sudah menyebar ke pasar otomotif dunia. Sebut saja Jepang, Jerman, dan Timur Tengah. Bahkan malah sempat menolak pesanan dari salah satu Brand kenamaan asal Jerman, yaitu Mercedes Benz, karena masih adanya keterbatasan dari segi peralatan. Meskipun produk-produk otomotif ini dikerjakan secara hand made, namun omset yang didapatkan bisa tembus 3 miliar dalam satu bulannya. Luar biasa sekali kan?

Kopi Gayo, Kopi Aceh Bercita Rasa Tinggi

Kopi Gayo Aceh Cita Rasa Dunia

Di mulut para penikmat kopi di seluruh dunia, Kopi Gayo atau disebut juga dengan nama green beans sudah sangat di kenal di kancah INternasional. Kopi Gayo ini terkenal prosesnya, mulai dari penanaman hingga pascapanen dilakukan dengan cara tradisional. Bahkan sampai sekarang para petani Kopi Gayo masih menerapkan sistem organik dengan tidak menggunakan bahan kimia sama sekali dalam proses pemupukan atau pengolahannya. Dari masa sebelum Indonesia Merdeka dulu, Kopi Gayo malah sudah di ekspor, tepatnya pada tahun 1933. Hingga saat ini, Kopi Gayo asal Aceh masih menjadi Idola para penggemar kopi dari berbagai belahan dunia seperti Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Asia Timur, karena kualitas rasa yag tinggi dikelasnya.

Ikan Kaleng Asal Sulawesi Utara

Ikan Kaleng Sulawesi Utara Tembus Pasar Mancanegara

Tingginya permintaan hasil laut terutama ikan segar di pasar membuat nelayan di Sulawesi Utara menangkap peluang bisnis ini secara optimal. Dengan diiringi kualitas standar dan proses pegolahan yang higienis, ikan yang diekspor nelayan Sulawesi Utara ini juga dikenal dengan rasanya yang sangat khas. Sampai saat ini sudah ada 28 negara yang menjadi tujuan ekspor produk ikan kaleng asal Sulawesi Utara ini, diantaranya adalah, Jerman, Amerika, Mesir, Inggris, Kanada, Australia, Jepang, dll.

Kerajianan Tangan Tasikmalaya

Kerajinan tangan Tasikmalaya tembus mancanegara

Kerajinan tangan asal tasikmalaya ini terkenal karena keunikan produk yang ditawarkan saja, Daya kreativitas yang sangat menonjol dan inovatif bisa dilihat dari produk-produk hasi buah tangan pengrajin dari Tasikmalaya ini. Padahal bahan baku kerajinan yang dipakai cukup sederhana, seperti mending, pandan, bambu, lidi, dll. Dan hasil kerajinan ini benar-benar dikerjakan secara manual semua, namun hasil yang di dapatkan sangat berkualitas tinggi. Dengan kualitas yang tinggi serta keunikan inilah mereka mampu menembus pangsa pasar sampai ke manca negara.

Nah bagaimana, banyak sekali kan sebenernya produk dari dalam negeri yang sudah go internasional. Produk-produk yang dibahas di atas bahkan baru segelintir atau sebagian kecil saja yang saya bahas di artikel ini. Adapun produk lainnya yang sudah Go Internasional sebenarnya masih banyak seperti, Gudeg Kaleng Jogja, Industri pengecoran besi baja di Ceper Klaten, dan masih banyak lagi. Mungkin dilain waktu akan saya bahas di artikel selanjutnya. Jadi, ikuti terus blog ini ya untuk mendaoatkan informasi-inforasi yang mungkin bermanfaat buat kalian semua. Akhir kata Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.

No comments for "Ini Dia Produk Khas Dalam Negeri Yang Sudah Go Internasional"