Sayur Asam Masakan Khas Cita Rasa Nusantara

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1aE-Nr5aR75fWraY5YBT4NTQtywQUT37L
Haiii para wonder woman
Queen of kitchen
Ratune pawon 👋🏻

Gimana queen of kitchen?
Mau masak apa hari ini ya??
Atau yang canggih sih sudah masak lah 🤭..beli mateng banyak ya tinggal go food 😂. Luar biasa kemajuan teknologi ya pemirsahhh.

Apapun pilihannya,
Semua top lah ya mak 👍
Bukti dedikasi kita terhadap keluarga
“Menyediakan makanan untuk keluarga”
Dengan berbagai upaya😘

Jaman now,,
Semua makin canggih ya para wonder woman.
Apalagi kuliner ya,,woahhhh😍
Bermunculan banyak banget kuliner yang kekinian..
Bahkan artis pun “nggak malu” berdagang katanya,,
“Lah kamu siapa koq masih malu??” 🤭 (Itu cuma postingan sliweran yang sempet mommy haura baca ya pemirsaah.hihihi)

Meski banyak banget kuliner kekinian,,
Tapi yang citarasa nusantara banget tetap tak lekang lah ya oleh waktu..
Tetap tersaji dirumah-rumah
Bahkan cita rasanya ini nih yang malah bikin kangen masakan para ratune pawon aka masakan IBU di RUMAH😘.

Salah satunya ya, ini...
“Sayur Asem”
Siapa sih yang tidak kenal sayur asem atau sayur asam? Sayur yang rasanya gurih dan segar ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, ikan asin, tahu, tempe, dan sambal. 

Cocok ya pemirsahhh??
Mereka memang paduan yang pas sekali👍

Sempat jadi pertanyaan juga deh sama mommy haura.
“Darimana sih asalnya sayur asem?”
“Siapa yang meracik sayur sehebat ini pertama kali?”
“Siapa juga yang memasangkan sayur asem dengan teman-temannya si ikan asin, tahu, tempe dan sambal?”
Hihihihi

Ternyata,.
Ada sejarahnya loh ya sayur asem ini.
Woahhhh
Cuss kita simak ya..
Ini versi penuturan Arie Parikesit selaku pengamat kuliner.

-Sejarah Sayur Asam-

Ceritanya pada zaman dahulu dengan kondisi Indonesia serta keterbatasan, sayur asam tercipta. Ketika itu, sayur asam hanya memakai bumbu yang terbatas yaitu cabai dan asam. Isi sayur ada segala macam sayuran yang mudah ditemukan di kebun rumah atau tanah sekitar.

Menurut Arie parikesit sayur asam berasal dari jawa barat dan betawi. 
Loh kok bisa?

Ya, sayur asam versi jawa barat dan betawi menggunakan asam muda. Berbeda dengan sayur asam dari jawa tengah yang menggunakan asam fermentasi.

"Asam muda bisa langsung diambil dari kebun rumah, sedangkan asam fermentasi dibuat di pabrik. Untuk memasak sayur asam ketika itu hanya memakai bahan-bahan yang mudah ditemukan. Seperti kacang panjang, labu, jagung dan kacang," kata Arie parikesit.

Sehingga karena penggunaan asam muda inilah diduga sayur asam bermula dari Jawa Barat dan sekitarnya.

Bahkan sayur asem betawi ini diperkirakan sudah ada sejak zaman penjajahan belanda di batavia (sebutan jakarta zaman dulu).

Ckckckckck
Sudah lama sekali berarti ya😱

Kondisi Batavia ketika Pemerintah Kolonial Belanda menguras kekayaan alam Indonesia, di Betawi yang tumbuh subur pohon asam, disitulah awal munculnya seporsi kelezatan yang dinamakan sayur asam. Bahan utamanya tentu tidak luput adalah buah asem itu sendiri.

"Karena dulunya sayur asem ini terbuat dari bahan-bahan yang ada. Kebetulan daerah Jakarta ini banyak pohon asem dan bahan seperti labu siam," jelas Arie Parikesit, pakar kuliner tradisional.

Ok, mommy haura setuju nih.. membenarkan jugalah ya, mommy kebetulan masak sayur asam sendiri perdana ya pas di cilegon.hehe.

Dan mommy menemukan buah asam ini nih ya di paketan sayur asam seharga lima rebeng.


Pas mudik ke kampung halaman suami dijogja. Ibu mertua bilang, “pakai asem jawa aja. Kalau mau buah asem ya susah..ada sih pohonnya didepan STM sana”.
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1yo7UxpUdx8Fp8_M1KxDjnR2i14JIyXU1

Kala itu mommy sedikit heran lah ya,,
Dan baru tahu lah sekarang kalau sayur asam itu memang ada berbagai versi.

-Aneka ragam sayur asam di beberapa daerah indonesia-

Mulai dari sayur asam Aceh, Jawa, hingga Kalimantan. Masing-masing resep memasak sayur asam memiliki ciri khas sendiri dalam penyajiannya.

Sayur asam dari Aceh dikenal dengan nama sayur asam sunti. Bahan baku pembuatan cukup berbeda dengan sayur asam yang ada di daerah Pulau Jawa, seperti adanya belimbing wuluh dan daun ubi jalar. 

Misalnya sayur asam dari Sumatra memiliki kuah yang lebih keruh, merah, dan berminyak dibandingkan dengan sayur asam Betawi yang berkuah bening.

Di Pulau Jawa sendiri ada banyak ragam sayur asam. Seperti sayur asam ala Jawa Timur yang dikenal memiliki cita rasa cenderung pedas. Penambahan kangkung dan metimun krai juga menjadi ciri khas orang Jawa Timur ketika memasak sayur asam.

Di Jawa Barat, sayur asam Sunda cenderung lebih sedikit isinya dan ciri khas yang menonjol adalah menggunakan kacang tanah yang sudah terkupas. Bukan kacang tanah beserta kulit seperti pada sayur asam Betawi.

Di Semarang, sayur asam dominan dengan rasa pedas dan asam. Beda lagi dengan sayur asam Solo yang rasanya tidak tajam dengan bumbu.

Sedang di Kalimantan, tepatnya Kalimantan Selatan, sayur asam memakai terung asam (asam rimbang), kunyit, dan kepala ikan patin.

Gimana nih para queen of kitchen?
Masuk sayur asem yang mana daerahmu?
Cocok nggak ya sama yang sudah dijelasin diatas?

Bukan cuma resepnya yang punya ciri khas masing-masing. Cara menikmati sayur asam juga berbeda-beda. 

Kalau di Jawa Barat dan Betawi, orang biasanya menikmati sayur asam di mangkuk. Terpisah dengan nasi. Tapi di Jawa Timur, lebih suka mencampur sayur asam, nasi dan lauk-pauk.

Masya allah😍
Indonesia benar-benar kaya dengan keragaman.
Sesuai dengan filosofi sayur asam loh para ratune pawon😊.

-Filosofi Sayur Asam-

Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam. 

Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo. Meski sayuran yang dipakai banyak, tetapi bisa memberikan rasa yang menyatu. Rasa yang tercipta yaitu gurih dan asam.

Luar biasa kan ya👏🏻👏🏻👏🏻

Selain itu, sayur asam juga mengingatkan untuk tidak gegabah dan sabar.

"Makan sayur asam ada seni. Saat mengupas melinjo atau kacang tanah dengan kulitnya. Jadi ketika makan tidak enak kalau buru-buru, semua isi di dalam sayur asam bisa dinikmati," tutur Arie Parikesit.

Gimana para ratune pawon?
Ada rencana masak sayur asem kah buat menu hari ini?
Kalau ada simak resepnya disini ya,,

Meski si sayur asem ini menu sederhana.
Justru seringkali mengingatkan kita akan rumah dan keluarga😚.

Wokeh para wonder woman
Ratune pawon pamit dulu ya😘
Sampai jumpa di post lainnya😁🤭👋🏻

Sumber :

























No comments for "Sayur Asam Masakan Khas Cita Rasa Nusantara"