Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Assalamualaikum

Para sobat pembaca blog,

Bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga semua dalam keadaan sehat dan diberi perlindungan dari wabah yang sedang melanda indonesia beberapa minggu ini. Aamiin


Mianhe,.

Sudah seminggu emak tidak menulis ya sobat . Karena kesibukan emak yang mendadak alih profesi menjadi perawat. Hiks hiks hiks..


Iya perawat tiga anak yang sakitnya bergantian.

Mulai dari si sulung yang demam di suhu 38 derajat celsius, berganti pilek dan batuk. Setelah si sulung sembuh demamnya gantian yang tengah sampai yang kecil bayi berumur enam bulan.


Bayi reina tak selera makan diawal MPASInya karena demam dan batuk. Selama dua hari tiap selesai makan dan menyusu, bayi reina batuk- batuk lalu muntah.


Terlebih lagi anak-anak sakit saat wabah covid 19 baru ditemukan di jakarta sampai keputusan sekolah diliburkan karena lockdown. 


Emak pun berusaha untuk tetap sabar, tenang dan paling utama menjaga kondisi emak sendiri. Lah kalau emak sakit siapa yang merawat anak-anak? 

Betul kan sobat?

Emak harus tetap sehat dan waras agar maksimal bisa merawatnya.


Alhamdulilah sekarang anak-anak berangsur-angsur membaik. Meski masih tersisa batuk-batuknya lah. Emak juga walaupun sempet badan terasa nyeri. Akhirnya bisa kembali normal dan tidak jadi sakit.


“Lebih baik mencegah daripada mengobati”

Bener banget ya ini sobat. Meski memang sedang musimnya hujan. Ditambah lagi ada wabah virus covid-19 yang sangat santer diberitakan di media. Kita harus tetap ikhtiar semaksimal mungkin. Mencegah virus dan bakteri tersebut berkembang didalam tubuh kita.


Bagaimana sih ikhtiarnya???

Kalau kita mau mendapat rezeki ya ikhtiarnya dengan bekerja. Lah kerja bisa jadi pegawai, pedagang, guru, buruh bangunan, ojek online, dan lain sebagainya..


Nah kalau ikhtiar agar kita tetap sehat ya dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita atau bahasa kerennya sistem imunitas gitu loh sobat.hihihihi


Kali ini emak mau berbagi tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita ya sobat. 


Sebenarnya sih tipsnya nggak banyak loh sobat..

Cuma dua aja ya,

Menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Kayak katanya Dokter tirta..

(Eits kenal nggak dokter tirta??hihihi..

Apa cuma emak yang lagi terWOW sama ini dokter??)


Yah kalau sobat belum kenal nih ya,,

Emak kenalin dikitlah ya..hee

Dokter tirta ini dokter muda, pengusaha, youtuber sekaligus influencer yang gaul dan kekinian.hahahaha.


Dokter tirta ini lulusan fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada. Karena wabah virus covid19 inilah si dokter merasa terpanggil kembali untuk ikut andil dalam menghentikan penyebaran virus. Ia memutuskan menjadi agen preventif dengan cara membuat video edukasi pencegahan  covid19.


Uniknya ia membuat video edukasi dengan nada suara yang ngeGASS poll rem blonggg tanpa menghilangkan “medhoknya”.hahahaha

Sampai akhirnya sang dokter tirta di undang ke acara poadcastnya Deddy Corbusier.


Wahhh 

Kalo review emak sih videonya bagus pake banget ya sobat.

Kalau penasaran para ibu hebat bisa tonton videonya di sini ya:
https://m.youtube.com/watch?v=yhHX27o4kMA

Kembali ke tips meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk langsung disimak ya sobat.
1. Menerapkan Pola Hidup Sehat 


Pola hidup sehat sangat penting diterapkan agar imunitas tubuh dapat bekerja optimal. Jika imunitas tubuh bekerja optimal maka tubuh tidak mudah terserang penyakit.


Apa saja sih pola hidup sehat itu?

Berikut point-pointnya ya sobat.
🍂 Memenuhi Gizi Seimbang dengan Panduan Piring Makan


Asupan gizi seimbang adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sekadar memenuhi rasa lapar, tidaklah cukup. Saat mengonsumsi makanan, gizi seimbang haruslah diperhatikan. Kini, ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya.


Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagaikelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.


Umumnya, pola makan gizi seimbang digambarkan sebagai piramida. Namun, kini dapat digunakan panduan piring makan untuk memenuhi gizi seimbang.


Nah ingat ya sobat sekarang itu udah nggak jamannya lagi si empat sehat lima sempurna (Sudah jadoelll banget itu sih). Apalagi kalau yang berprofesi emak jaman now bisa check dibuku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) nya masing-masing loh. Disitu sudah sangat lengkap ya sobat.


Bahkan bayi emak yang barusan saja awal bulan ini MPASI pun pakai panduan begini. Bedanya pada bayi jumlah proteinnya lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Jelas karena bayi masih dalam masa pertumbuhan ya.hee 


Karena dari WHO sudah tidak dianjurkan lagi MPASi dengan menu tunggal. Kalau zamannya nenek anak-anak tuh, makannya dikasih buah dulu atau bubur nasi saja untuk perkenalan.
🍂 Perbanyak makan sayur dan buah


Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sobat disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.


🍂Istirahat yang cukup


Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia sobat. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.


Nah sobat dicatat ya terutama para ibu hebat jaman now “cukup istirahat”. Walau rumah masih berantakan, cucian baju numpuk, setrikaan segunung, cucian piring kotor bejibun, and so on lah. 


Namun mata sudah sepet nggak bisa diajak kompromi, anak-anak disamping terlelap semua. Yo uwis ikut tidur saja ya para ibu hebat, turunkan standar sajalah.


Turunkan standar kerapian yang ideal buat para ibu hebat. Nanti setelah anak-anak bangun ya bisa ayahnya yang gantian menemani bermain. 


Para ibu bisalah barang gosok-gosok piringnya sambi muter mesin cucinya. Anak-anak yang sudah lebih besar diajak merapikan mainannya bersama ibu. 


Beberapa pekerjaan juga bisa dialihkan lah ya semisal menyetrika di laundry an saja. Masak belum sempat ya sesekali beli matang saja sekalian berbagi rezeki sama mamang go food.hee


Ya gimana caranya lah supaya para ibu hebat tetap punya waktu istirahat yang cukup.
🍂Hindari stress


Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Sobat perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.


Lagi-lagi para ibu hebat ya,

Warasmu itu penting sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi dalam kondisi sekarang ya, dimana semua berita covid19 tersebar. Entah mana yang hoak dan bukan semua di update.


Akhirnya apa?

Panik, parnoan pula..

Terutama di kota-kota yang sudah tersebar covid19 ini.


Well, bukan berarti sobat bisa santuy ya..

Ikhtiar, waspada, mengerti informasinya itu tetap penting.


Emak sendiri juga sempet loh parnoan, gelisah dan cemas liat postingan seorang penulis buku tenteng covid19.

Cobalah baca komentar teman-temannya.  Oh my god, ternyata sama saja. 


Syukurnya nih ya tuhan kasih emak pencerahan. Lewat status lain seorang terapis psikologi gitulah. Isinya begini para ibu hebat:


“Cara berhenti terkoneksi dengan suatu hal, ada dua.

Pertama, berhenti sama sekali mengamati. Kedua, tetap amati dengan cara yang sama tapi beri sudut pandang yang berbeda”.

(By:Rosyid Gede Prabowo)


Jelas kan para sobat pembaca blog..

Uwis rampungan tutup sosmednya matikan tv nya. Mlipir o dulu, sebentar saja buang segala kepanikan yang terlanjur terkoneksi ke kita. 


Rusak loh ini rusakk apalagi buat ibu hamil, pasca lahiran juga Ibu menyusui.

Mereka benar-benar butuh pertolongan untuk tetap waras dan happy.


Mungkim diantara sobat pembaca semua terutama para ibu hebat(ibuuu lagi.hahahaha) nggak bisa jauh dari sosmed barang semenit.hahaha. Karena itulah satu-satunya hiburan, ya monggo sok atuh kumaha damang(hahahaha maaf ya, emak tak bisa bahasa sunda). Ya sudah amati saja informasi yang berisi sudut pandang yang berbeda( yang isinya positif atau ada hikmahnya gituhhh).


Intinya apapun yang terjadi tetap bersyukur dan dibawa happy saja sobat 😊
🍂Rutin berolahraga


Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.


Lah tenan toh??

Ini tuh tipsnya cocok banget buat para ibu hebat terutama emak. Hahaaha

Jangan berdalih “Lah kita kan sudah olahraga, lihat saja tiap hari kerja domestik. Yang gendong anaklah, nyuci baju manual lah, ngangkatin jemuran lah, and so on..”


Hello para ibu hebat,

Emak kasih tahu kalau itu bukan termasuk olahraga ya.

(Eleh tahu darimana mak?)

Suami emak yang mudanya atlit sepakbola bilang “itu bukan olahraga yang membentuk otot dan membakar lemak. Bedalah..”


Masih nggak percaya nih?

Riset terbaru yang diterbitkan jurnal BMC Public Health mengatakan, aktivitas rumah tangga tidak bisa digolongkan dalam olahraga. Dalam penelitian tersebut, mereka yang melakukan banyak pekerjaan rumah tangga umumnya mengalami overweight.


Nah loh??

Jadi ingat ya para ibu hebat tetap berolahraga. Minimal ya pagi-pagi itu jalan ke warung sayur ya.hihihihi

Kalau masih kurang jauh ya muter-muter dulu kek empat atau lima kali.hahahahaHindari rokok dan alkohol


Paparan asapa rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin meningkat.
• Suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh.


Selain menerapkan pola hidup sehat diatas sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.


Jika sobat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh, perhatikan kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut. Beberapa kandungan berikut ini dapat bermanfaat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.


Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C dan vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Wah ini sejalan dengan pernyataan ahli virologi indonesia Drh Indro Cahyono di poadcast bersama anang dan ashanty loh sobat. Silahkan simak videonya disini:
https://m.youtube.com/watch?v=yhHX27o4kMA


Namun jangan lupa ya sobat untuk konsultasi ke dokter  sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, dengan dosis yang tepat.
1. Menjaga Kebersihan


Hmmh,, setuju dari virus corona juga banyak sekali hikmahnya ya sobat. Salah satunya masyarakat indonesia yang selama ini di edukasi cara mencuci tangan  nggak mempan.hahaha.


Tiba-tiba jadi super bersih sampai uang pun harus di sterilisasi dengan cara dijemur. Cuci tangan dengan sabun dan bersedia menunggu selama 20 detik. Dimana-mana sibuk orang mencari hand sanitaizer. Alhamdulilah.. luar biasa indonesia.


Menjaga kebersihan sendiri terbagi menjadi dua ya sobat pembaca blog. Berikut ulasannya ya,


  • Menjaga kebersihan diri


Sejak adanya virus cobvid19, kebersihan diri yang paling gencar digalakkan adalah mencuci tangan. Sebab mencuci tangan dianggap merupakan salah satu cara terbaik mencegah terpapar virus covid19. 


Para ahli mengatakan virus covid19 dapat hidup di permukaan benda selama beberapa jam sampai beberapa hari dan karena itu, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir menjadi sangat penting. 


Selain mencuci tangan nih..sobat  juga perlu membersihkan anggota tubuh yang lain ya, seperti badan, rambut, potong kuku, membersihkan telinga, dan lain-lain.


Membiasakan diri mempraktikkan etika bersin dan batuk. Sebenarnya, saat sedang tidak pandemi corona pun kita harus menerapkan etika batuk dan bersin ini. 


Kebanyakan orang tertular langsung akibat menghirup percikan batuk atau napas orang sakit. 


Orang juga bisa tertular virus karena menyentuh permukaan benda yang tercemar percikan batuk atau napas orang sakit. 


Makanya sobat, biasakan saat batuk dan bersin, tutup mulut menggunakan tisu. Jika tidak ada tisu, tutuplah mulut dengan siku bagian dalam.


Dengan begitu, droplet yang keluar dari mulut kita (yang bisa saja mengandung virus penyebab COVID-19) tidak menyebar dengan mudah ke tempat lain.


Etika batuk dan bersin ini juga berguna untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit infeksi lain, termasuk TBC.


Jangan lupa untuk menggunakan masker ketika kita sakit ya sobat. Bagi yang sedang mengalami gejala COVID-19, disarankan untuk menggunakan masker di dalam, maupun di luar rumah saat akan berangkat ke dokter. 


Mengapa di dalam rumah juga perlu menggunakan masker?

Sebab, sobat bisa saja menularkan ke anggota keluarga. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mencegah droplet  jatuh di berbagai permukaan rumah, termasuk meja makan atau remote televisi.


  • Menjaga kebersihan tempat tinggal dan sekitar


Selain menjaga kebersihn diri, perhatikan pula kebersihan di dalam rumah. Jangan sampai sobat membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.


Selanjutnya, mulailah lihat lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih turut berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal sobat tidak terjaga kebersihannya, pasti sobat rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan, menjaga kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah, masyarakat dapat menghindari penyakit demam berdarah dan hepatitis A. Tetanus, kolera dan demam tifoid berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.


Wah banyak sekali ya sobat manfaat dari menjaga kebersihan. Ingat ya sobat lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh kita dengan baik.


Ok sobat pembaca blog, sekian ya tips menjaga daya tahan tubuh dari emak. Menutup ciprisan emak mengutip kata-katanya dokter Tirta “Karena sejatinya, pengobatan terbaik dalam dunia kedokteran itu adalah pencegahan.”


Saatnya indonesia bersatu saling membantu melawan wabah covid19. Mulailah dari diri sendiri dan keluarga kita. .


Selamat beraktivitas sobat.

Sampai jumpa lagi ya..

Wassalamu alaikum Wr. Wb


Sumber :

https://amp.suara.com/news/2020/03/20/192152/dosennya-positif-corona-dokter-tirta-terjun-lagi-jadi-agen-preventif


https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2013/10/21/0957351/Bisakah.Pekerjaan.Rumah.Tangga.Digolongkan.Olahraga.


https://www.alodokter.com/memenuhi-gizi-seimbang-dengan-panduan-piring-makan


https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/23/120632220/7-cara-menjaga-kebersihan-diri-untuk-mencegah-penularan-virus-corona?page=all#page2


https://community.idntimes.com/dashboard#_=_