Resep Donat Kentang Metode Autolisis

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1oNpFemXtvx-cJ0kxxtxm0Bhq4gz-PE1x

Hello yang mau resep donat autolisis kentang ya. Cuma diuleni lima menit. Nggak pakai pegel bisa ditinggal bobo cantik sama si kecil.hihihi

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1IU3ivktBAUMcapgx-Sh7xF-Cj5-yVN4O
mommy haura sudah cerita sedikit tentang metode autolisis. Jadi kalau mommy ulangi disini, nanti teman-teman pada bosan. Ahahaha.

Yuk langsung disimak,

Cara Mudah Membuat Donat Kentang Autolisis

Resep by : CR COOK
Recook by : Mommy Hauraa
Hasil : 15-17 buah donat

Bahan A :

250 gram tepung terigu protein tinggi (me=cakra kembar)
2 butir kuning telur
90 ml susu cair/air putih (me=susu dancow)
30 gram gula pasir
100 gram kentang yang sudah direbus lalu haluskan dengan blender(boleh ditumbuk, pastikan benar-benar halus)

Bahan B :

30 gran margarin (me=blueband)
1 1/2 sdt ragi (me=fermipan)
1/4 sdt garam

Cara membuat :

1. Masukkan secara berurutan tepung terigu, telur, kentang, (air/susu dan gula diaduk hingga larut) ke dalam wadah bersih. Lalu aduk hingga tercampur rata dengan sendok kayu. 
2. Tutup adonan bahan A dengan serbet. Diamkan selama 6-8 jam. Biarkan adonan membentuk gluten sendiri.
3. Setelah 6 jam, buka serbet. Tambahkan ragi yang sudah dilarutkan dengan 2 sdm air hangat hingga berbentuk pasta. Uleni sebentar hingga rata. Lalu masukkan margarin dan garam. Uleni selama lima menit hingga adonan tidak terasa lengket. Rounding atau bulatkan adonan. Kemudian tutup kembali dengan serbet selama kurang lebih 30 menit.
4. Setelah mengembang, kempiskan adonan agar udara yang terperangkap bisa keluar. Bentuk memanjang adonan, potong-potong dan timbang dengan berat sekitar 30 gram.
5. Bulatkan adonan, letakkan diwadah yang sudah ditaburi tepung terigu. Letakkan berjarak dengan adonan donat yang lain. Pipihkan dan lubangi tengah adonan dengan tutup botol atau cetakan donat.  Jangan lupa taburi tangan dan cetakan dengan tepung terigu agar tidak lengket. Lakukan hingga selesai.
6. Sisa lubang tengah adonan bisa disatukan kembali menjadi kurang lebih dua buah adonan donat. Bisa juga ditusuk pakai tusukan sate menjadi sate donat.
7. Siapkan minyak dipenggorengan. Panaskan dengan api kecil. Goreng adonan donat sambil diputar-putar menggunakan sumpit dibagian lubangnya. Balik adonan donat hanya satu kali saja ya saat menggoreng. Setelah semua sisi donat berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
8. Sajikan donat dengan gula halus atau dihias dengan glaze.


https://drive.google.com/uc?export=view&id=1H0qot-FePM5QlGoCjOMhwwpsBVvSA9sl
Sumber video resep https://youtu.be/4Uov4W8KSTA




No comments for "Resep Donat Kentang Metode Autolisis"