Resep Bakwan Malang

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Tosh5ezJgdgG1y8LLwGnpFtTPL9bcIVe

Hello sobat semua selamat malam

Sudah makan malam sama menu apa nih?

Hmmmh kali ini mommy mau mengolah daging kurban ya.

Ceritanya telat lihat bancakan cookpad tentang olahan daging.hahahha

But, its ok. Masak mah terserah keinginan kita aja sih ya🤭.


Yah pas lagi mau mommy buatlah bakwan malang ini. Sudah beberapa kali mommy masak menu ini. Rasanya hampir tiap tahun habis lebaran kurban.hahahha.
https://drive.google.com/uc?export=view&id=19-scEfj086hZfNkI9yJfjI_bpVmI0nQG


Masih punya stock bakso kayak mommy?

Yuk coba buat bakwan malang sebagai variasi. Meski cuma berisi bakso dan pangsit. Ternyata menu ini cukup mengenyangkan juga ya. Rasanya pun gurih kriuk-kriuk gitu sobat 😉. Cocok banget saat malas makan nasi melanda. hahaha


Oh ya, buat yang belum punya stock bakso pun mommy kasih resep baksonya ya. Kuyyyy langsung disimak resepnya.


-Bakwan Malang-

Untuk 8 porsi

Resep by : Sedap edisi idul fitri 13/XIII/2012

Recook by : Mommy Hauraa


Bahan Bakso :

250 gram daging sapi sengkel segar, potong-potong

50 gram es serut

1 sendok teh garam

30 ml air es

25 gram tepung sagu

2 siung bawang putih

1/4 sendok teh merica bubuk

1.500 ml air untuk merebus bakso


Bahan bakwan goreng dan bakwan rebus :

16 lembar kulit pangsit (saya beli jadi)


Bahan isi :

100 gram daging giling (saya daging cincang diblender)

1/2 batang daun bawang, iris halus

2 siung bawang putih, cincang halus

50 gram tepung sagu (saya tepung tapioka)

75 ml air es

1 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk

1/4 sendok teh gula pasir


Bahan kuah :

2.000 ml air

500 gram tulang sapi

40 gram bawang putih goreng, memarkan

1 batang daun bawang, ikat

3 1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh merica bubuk

1 1/2 sendok teh gula pasir


Bahan sambal rawit :

25 gram cabai rawit merah, rebus

2 siung bawang putih, rebus

75 ml kuah bakso

1/4 sendok teh garam


Bahan pelengkap :

300 gram paru, rebus, potong kotak kecil, goreng (saya nggak pakai)

1 batang daun bawang, iris halus

2 sendok makan bawang goreng

100 gram saus sambal

100 gram saus tomat

3 sendok makan kecap manis


Cara membuat :
1. Bakso, campur daging, es serut, air es, tepung sagu, bawang putih dan merica bubuk di dalam food processor. Giling sampai lembut. Bentuk bulat dengan tangan. Rebus di dalam air mendidih sampai terapung.
2. Bakwan goreng dan basah, campur daging giling, daun bawang, bawang putih, tepung sagu, air es, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Isikan ke dalam kulit pangsit. Goreng sebagian dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Sisanya kukus hingga matang.

3. Kuah, rebus air dan tulang sapi di atas api kecil sampai berkaldu. Tambahkan bawang putih, daun bawang, garam, merica bubuk dan gula pasir sampai mendidih. 

4. Sambal rawit, haluskan cabai rawit merah dan bawang putih. Angkat. Masukkan kuah bakso dan garam. Aduk rata.

5. Sajikan bakso bersama pelengkap dan sambal rawit.


Selamat mencoba sobat😉