Resep Shiny Fudgy Brownies


https://drive.google.com/uc?export=view&id=1bAR0_w0LrBD2lNjRO2hYYrgpUWZfic_M


Assalamualaikum teman-teman

Kabar baik ya, melewati hari raya kurban.

Wah, sudah dimasak apa saja nih daging kurbannya?

Pastinya yang enak dan menyehatkan.


Malam lebaran kurban mommy sempatkan buat bikin brownies panggang ya. Rasanya sudah lama sekali nggak buat yang manis-manis. Mumpung punya waktu longgar lagi close order per pempek an. Mommy buatlah si manis ini.


Tadinya dilema juga nih mommy mau buat puding brownies atau brownies panggang. Akhirnya tetap buat brownies panggang sajalah ya, karena masih punya stock choco chip dan kacang almond.


Resep ini jadi andalanku lagi ya. Dari awal nyoba resep ini hasilnya bagus sekali. Retak dengan sempurna, rasanya nyoklat banget. Kabarnya menghasilkan retakan ini yang tergolong sulit sekali. 


Awal mencobanya dibuat baby brownies menggunakan cetakan muffin. Nah kali ini mommy mencoba membuat dengan loyang brownies ukuran 10x24 cm (nyarinya sih 10x22, tapi kagak ada kemarin di TBK). Sarannya sih loyang ini buat hasil yang tinggi.


Sesuai dengan judul hasil brownis panggangnya ini fudgy ya. Tekstur kue yang dihasilkan padat, super lembab dan lengket mirip truffle. Tepung terigu yang digunakan dalam pembuatannya hanya sedikit. Adonannya pun terasa kental dan berat. 


-Shiny Fudgy Brownis-

Resep by : Erlina Lim

Rebake by : mommy haura


Bahan :

150 gram DCC/dark cooking chocolate (saya colatta)

50 gram mentega (saya palmia royal, bisa mix butter 20gr dan margarin blue band cake&cookie 30gr)

40 ml minyak sayur

2 butir telur 

150 gram gula halus (bisa gula pasir di blender halus)

100 gram tepung terigu protein sedang 

35 gram coklat bubuk (saya pakai tulip bordeux)

Topping, sesuai selera (saya pakai chocochip tahan panas dan kacang almond)


Cara membuat :


1. Lelehkan DCC, mentega dan minyak dengan cara di tim.

2. Kocok telur dan gula halus dengan menggunakan mixer selama 1-2 menit dengan kecepatan rendah sampai benar benar tercampur rata (Jika tidak ada mixer bisa gunakan whisk saja hingga tercampur rata).

3. Masukkan campuran lelehan coklat aduk rata menggunakan ballon whisk.

4. Lalu masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk. Adonan Brownies ini sangat kental dan berat. 

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin& dialasi dengan kertas roti. 

6. Beri topping choco chip dan kacang almond. Jika ingin menggunakan keju parut, bisa diberi setelah adonan setengah matang. (Pemberian topping keju sejak awal dapat menyebabkan shiny tidak keluar).

7. Panggang dengan suhu 170 derajat atau sesuaikan dengan oven masing masing hingga matang. Kalau dengan oven tangkring, panas oven dengan api besar, begitu adonan masuk kurangin apinya jadi sedang cenderung kecil.

8. Dinginkan sebentar lalu potong potong sesuai selera.


https://drive.google.com/uc?export=view&id=1UdCRuLE4_1of8SgDR6FqbIKu7xqGK9if


Hmmh bau harumnya brownies menyebar kemana-mana. Mommy menggunakan oven tangkring merk hock. Lama memanggang sekitar 30 menit. Dua kali mencoba dengan loyang hasil panggangnya dipinggir kering sedangkan bagian tengah masih basah. Namun tak masalah ya, setelah dingin dan masuk kulkas bakal memadat. Lagi suami lebih suka hasil seperti ini.


Berbeda dengan saat membuat brownies dengan cetakan muffin. Proses pemanggangan lebih cepat sekitar 15 menit dan hasilnya bisa mengering semua. Namun memakan waktu cukup lama buat mommy untuk menuangkan adonan ke cetakan muffin. Hehehe. 


Resep ini mommy kasih banyak bintang juga ya. No BP, emulsifier atau soda kue. Mommy sebut 3 in 1 ya teman-teman karena satu resep bisa buat brownies, baby brownies dan pie brownies. 


Tak perlulah menunggu sampai dingin. Pasukanku sudah nggak sabar buat mencoba brownies selagi masih hangat. Almondnya pun selalu favorit diambil lebih dahulu. Hahahha.


Akhirnya hari ini buat lagi brownies kedua kali, request adek fayra. Masaknya keroyokan dibantu 3 koki cilik, sampai emak lupa motret proses pembuatannya buat di cookpad. Hahahaha.


Alhamdulilah

cemilan malam ini sambil nonton drakor it’s okay not to be okay,,

Episode 13.hahahhaa


Selamat mencoba resepnya ya teman-teman.

Happy baking😘

Next insya allah bakal kukasih resep pie nya ya.







No comments for "Resep Shiny Fudgy Brownies"